Sering Seaching Digoogle, Sering Ketemu Website Seperti Blogspot, Tetapi Anda Tidak Tahu Apa Itu. Ini Penjelasanya.



Apa Itu Blogspot?

Blogspot adalah layanan dari Google untuk membantu pengguna mereka memiliki blog secara gratis. Itu sudah lengkap dengan hosting dan domain yang disediakan oleh pihak Google.

Setiap pengguna Google bisa menggunakan akun mereka untuk mewujudkan blog impian tersebut. Itu artinya, kalau kamu memiliki akun Google, cukup dengan beberapa langkah mudah, kamu sudah bisa membangun blog kamu sendiri. 


Blogspot adalah layanan yang juga dikenal dengan nama Blogger. Apa itu blogger? Sederhananya, merek dagang dari Google untuk platform mereka yang bisa membantu siapapun membangun sebuah entitas online. 

Blogger adalah layanan yang tampilannya itu intuitif. Jadi, platform ini mudah digunakan untuk sekadar membuat catatan pribadi, maupun untuk berbagi informasi dengan banyak orang di seluruh dunia. 

Meskipun blogspot memiliki ketentuan yang perlu dipatuhi, secara umum kamu bebas membuat blog untuk berbagai topik. Sebagai contoh, kamu bisa membangun blog dengan topik kesehatan, kecantikan, teknologi, dan lainnya. Asalkan, bukan yang melanggar hukum, ya?

Semua konten yang kamu buat nantinya akan disimpan di hosting Google. Bahkan, kamu bisa saja menghubungkannya dengan layanan Google seperti Google Drive. 

Oh ya, untuk nama blog nantinya bebas saja kamu tentukan. Seperti yang kami sebutkan di awal, domainnya juga disediakan oleh Google,kok. Namun, kamu akan menggunakan subdomain .blogspot.com secara default.

Bisakah menggunakan domain sendiri seperti namaku.com? Boleh. Kamu cukup membeli domain di layanan seperti DomaiNesia, lalu mengatur setting custom domain di sana. 

Nah, kamu sendiri pernah penasaran kenapa layanan blogspot adalah fenomena yang turut membentuk wajah online dunia? Mari pelajari sejarah blogspot secara singkat. 



Sejarah Blogspot

Sejarah Blogspot cukup panjang dan melibatkan beberapa pihak termasuk dari komunitas pengguna. Lengkapnya, perjalanan blogspot adalah sebagai berikut:

  • 1999 — Blogspot diciptakan diciptakan di bawah bendera Pyra Labs, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Evan Williams dan Meg Hourihan. Saat itu, kemunculannya cukup revolusioner karena merupakan salah satu platform blog tampilan yang intuitif. Pengguna jadi bisa membuat dan mempublikasikan blog dengan mudah.
  • 2002 — Daya tarik tampilan tersebut membuat Google menyadari potensi blogspot tumbuh. Tanpa menunggu lama, Google mengakuisisi Pyra Labs dan menjadi pemilik Blogspot. Platform ini yang tumbuh besar berkat dukungan dari Google dan teknologi yang ditanamkan di dalamnya.
  • 2003 — Google mengenalkan AdSense dan mengintegrasikan layanan periklanan itu ke Blogspot. Pada saat itu, blogger di seluruh dunia cukup antusias untuk memonetisasi blog mereka. Google sendiri menjadi sasaran para pengiklan untuk mempromosikan produk.
  • 2006 — Google melakukan perubahan pada tampilan Blogger. Maka, Blogspot adalah salah satu platform terbaik dengan layout yang bisa dikatakan rapi dengan pengenalan berbagai template yang siap digunakan. Membuat sebuah blog dengan tampilan menarik menjadi lebih mudah pada saat itu.
  • 2007 — Blogspot memiliki fitur baru bernama Gadget. Bentuknya berupa aplikasi yang disematkan di beberapa area dari sebuah dalam blog. Sebagai contoh, adanya posting terbaru hingga arsip blog.
  • 2010 — Sejalan dengan misi Google, blogspot adalah platform paling awal yang bersifat mobile friendly. Pengguna tidak perlu khawatir ketika akan mengakses platform ini melalui smartphone atau tablet.
  • 2012 — Demi membuat platformnya lebih aman dan sekaligus melindungi blog yang dibangun dengan platform mereka, maka Google memberikan dukungan HTTPS cara penuh. Hal ini memastikan semua komunikasi data terenkripsi supaya tidak dimanfaatkan oleh hacker.
  • Sekarang — Blogspot masih terus memiliki pengguna setia meskipun sudah banyak platform blog lain yang bermunculan, seperti WordPress atau Ghost. Dengan dukungan dari Google, keunggulan platform ini tetap terletak pada kemudahan untuk monetisasi, keamanan, dan stabilitas platform tersebut.

Nah, setelah tahu apa itu blogspot dan sejarahnya, mari pelajari berbagai fungsi blogspot sebelum menggunakannya.

blogspot
Sumber: Envato

Fungsi Blogspot

Beberapa fungsi blogspot yang perlu kamu ketahui diantaranya:

1. Membangun Online Presence

Fungsi utama dari Blogspot adalah membantu kamu memiliki sebuah entitas online yang menunjukkan siapa diri kamu.

Katakanlah, kamu memiliki hobi memelihara ikan. Maka, kamu bisa menuliskan semua pengetahuan yang kamu miliki dalam bentuk tulisan di blog tersebut. Atau, kamu hobi menulis? Tuangkan saja isi pikiran kamu dalam bentuk posting.

Nah, karena blogspot adalah platform yang bisa digunakan dengan gratis dan memiliki tampilan yang mudah dipahami, pemula sekalipun akan langsung bisa memanfaatkan semua fitur di dalamnya.

Dengan begitu, keinginan untuk mendokumentasikan foto, pengetahuan, hasil karya, dan lainnya bisa dilakukan dengan lebih mudah.

2. Etalase Portofolio

Tak hanya untuk menuliskan isi pikiran yang terkait dengan hobi, blogspot adalah pilihan yang tepat apabila kamu ingin membangun sebuah Portofolio online.

Biasanya hal ini dimanfaatkan oleh beberapa profesional yang terkait dengan keahlian khusus. Sebagai contoh, fotografer, desainer grafis, penulis konten, hingga beberapa pekerjaan kreatif lainnya.

Nah, setelah blog kamu sudah jadi, maka kamu cukup memasang hasil karya terbaik di blog tersebut. Dengan begitu, pengunjung yang datang ke blok kamu akan mengetahui kemampuan kamu sebagai seorang profesional di bidang tertentu.

3. Membangun Brand

Meskipun kurang sempurna untuk digunakan sebagai tujuan profesional, blogspot adalah salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk membangun branding.

Sebagai contoh, kalau kamu memiliki bisnis yang menjual produk tertentu, maka kamu bisa mengulas berbagai hal tentang produk tersebut. Kamu juga bisa memberikan berbagai tips memilih dan menggunakan produk yang bermanfaat bagi calon konsumen.

Dengan adanya informasi lengkap dan jelas di platform blogspot tadi, maka orang akan melihat kamu sebagai seorang ahli. Pada akhirnya, calon konsumen tidak akan ragu lagi ketika ingin membeli produk dari kamu.

4. Berjualan Produk

Tak hanya untuk membangun brand, sebuah blog juga bisa dimanfaatkan untuk penjualan produk. Akan tetapi, fungsinya tentu tidak akan selengkap apabila kita menggunakan toko online sendiri.

Nah, yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan posting beberapa produk serta deskripsi dan foto-foto produk tersebut. Nantinya, di bagian akhir kamu bisa menambahkan informasi nomor telepon sebagai kontak. Sebagai contoh, nomor WA.

Jadi, ketika ada jalan pembeli yang tertarik dengan salah satu produk, mereka cukup menghubungi kamu melalui nomor dia yang sudah disediakan di blog tersebut.

5. Berbagi Informasi

Selanjutnya, fungsi blogspot adalah untuk berbagi informasi dengan orang lain. Konsepnya, kamu bisa menjelaskan tentang sebuah topik yang sudah kamu pahami dengan baik. Atau, bisa juga kamu mencatat perjalanan kamu ketika sedang mempelajari sebuah topik tertentu.

Nah, karena blogspot adalah sebuah platform yang memiliki fitur komentar, maka pengunjung bisa saling berbagi informasi lain tentang topik yang kamu posting saat itu.

Tak hanya sebagai kebutuhan pribadi, fungsi blogspot ini juga bisa dimanfaatkan oleh para pengajar profesional. Misalnya, semua materi yang diajarkan disimpan di dalam blog tersebut untuk memudahkan akses secara online.

Nantinya, pengajar bisa meminta murid untuk mempelajari topik yang akan diajarkan terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang kelas.

6. Membangun Komunitas

Lebih jauh, fungsi blogspot bisa juga untuk membangun sebuah komunitas tertentu. Topiknya pun bisa beragam, mulai dari seputar hobi hingga dunia profesional seperti Fotografi otomotif dan lainnya.

Umumnya, hal ini bisa terjadi berkat adanya kolom komentar yang berisi diskusi dari beberapa pengunjung yang tertarik dengan topik itu. Nantinya, mereka akan lebih sering berinteraksi di dalam blog tersebut.

Interaksi yang terjadi dengan intensif tersebutlah yang bisa membangun komunitas yang kuat seputar topik yang digemari.

Contoh yang paling mudah adalah ketika kamu memiliki sebuah blog terkait dengan review buku. Kalo blok tersebut ramai dikunjungi, maka bisa saja muncul berbagai ulasan atau diskusi tentang sebuah buku, genre buku tertentu dan lainnya.

Nah, itu tadi beberapa fungsi blogspot yang perlu diketahui. Cukup banyak juga ya? Lalu, apa sih keunggulan blogspot sebenarnya?

blogspot
Sumber: Envato

Keunggulan Blogspot

Tahukah kamu bahwa Indonesia adalah negara terbesar kedua sebagai pengguna Blogger dengan 33.362 orang? Lalu, apa keunggulan blogspot sampai menarik sedemikian besar pengguna?

1. Gratis

Orang Indonesia tentu suka dengan layanan yang gratis, ya? Nah, blogspot adalah layanan yang bisa digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Itulah kenapa cukup banyak pengguna Indonesia yang membangun blog mereka menggunakan blogger.

Umumnya, untuk memiliki sebuah website kamu perlu mengeluarkan dana untuk berlangganan hosting dan membeli sebuah nama domain. Gambaran, sebuah nama domain harganya di kisaran belasan ribu hingga ratusan ribu tergantung ekstensinya.

Artinya adalah platform yang tepat bagi pemula yang baru coba coba atau mereka yang ingin memiliki blog dengan hemat.

2. Mudah Digunakan

Keunggulan Blogspot adalah mudah digunakan. Hal ini sudah menjadi ciri dari platform ini semenjak pertama kali dibuat tahun 1999.

Bagi pemula, hal ini tentu merupakan sebuah keuntungan karena kemudahan itu bisa langsung ditemukan, baik dari proses pembuatan awal hingga penggunaan platform setiap harinya.

Bahkan, kamu bisa dengan mudah membuat halaman atau posting hingga melakukan berbagai pengaturan tampilan dan fungsi untuk block kamu dengan mudah.

3. Mendapat Dukungan Google

Semenjak diakuisisi oleh Google, blogspot adalah platfrom yang paling banyak memiliki fungsi berkat berbagai kemudahan integrasi dengan layanan Google.

Bukan hanya karena kamu bisa menghubungkan Google Drive untuk menambah kapasitas dari hosting blog kamu, tapi yang terpenting kamu bisa mendapatkan akses ke Google Analytics.

Beberapa blogger bahkan pernah mengatakan: apa itu blogspot tanpa Google Analytics?

Benar, sebab adanya Google Analytics akan sangat membantu para blogger mengetahui bagaimana performa blog yang dibangun. Itu bisa terlihat dari banyaknya kunjungan, atau dari kecepatan akses halaman website.

4. Pilihan Kustomisasi Lengkap

Ingin membuat blog kamu tampil berbeda dibanding blog yang lain? Blogspot adalah layanan yang memungkinkan perubahan tersebut. Kamu bisa melakukan berbagai perubahan secara instan menggunakan template, atau dengan melakukan perubahan di masing masing elemen blog.

Dengan keunggulan blogspot ini, kamu bisa menyesuaikan warna, huruf, dan tata letak agar sesuai dengan style yang kamu inginkan. Tak berhenti di situ, fungsi Blogspot memungkinkan kamu menambahkan widget, gadget agar blog lebih fungsional.

5. Hosting yang Andal

Lebih lanjut, keunggulan blogspot adalah pada infrastruktur hosting yang mendukung akses yang mudah dan cepat. Semua itu diberikan oleh Google kepada setiap pengguna Blogger, tanpa ada pembedaan.

Bahkan, meskipun ada pemeliharaan server yang juga perlu dilakukan, jarang sekali terjadi sebuah blog yang dibangun pada platform Blogger mengalami error sehingga tidak bisa diakses.

Semua itu tentu merupakan bukti bagaimana Google benar benar memberikan layanan dengan hosting yang andal.

6. Ramah SEO

Semua orang ingin wesbitenya menjadi yang teratas di hasil pencarian Google. Jadi, bisa dikatakan bahwa blogspot adalah platform yang dibangun dengan fokus pada berbagai fitur yang ramah SEO.

Apa artinya bagi para pengguna blogspot? Kalau mereka memiliki konten yang menarik dan relevan dengan kebutuhan pengguna, berada di halaman pertama Google tentu bukan hal yang mustahil. Kalau sudah begitu, mendapatkan trafik yang banyak menjadi lebih mudah.

Beberapa fitur teknis dari SEO yang perlu diketahui diantaranya bisa mengirimkan sitemap otomatis, kustomisasi meta tag, dan menambahkan tag alt pada gambar. Itu semua bisa meningkatkan visibilitas blog Anda di hasil pencarian.

Sumber Artikel © https://www.domainesia.com/

Cara Membuat Blogspot

Tak lengkap apabila sudah mengetahui apa itu blogspot, tapi belum mengetahui bahwa ada dua cara membuat blogspot dengan benar. Maka Kamilah Solusinya, untuk lebih jelasnya kunjungi website toko kami www.imranrosidi.website3.me



0 Post a Comment:

Hak Cipta © Imran Rosidi |. Diberdayakan oleh Blogger.